JAVA Journal of Electrical and Electronics Engineering
Vol 10, No 2 (2012)

PERILAKU AGEN PADA PERMAINAN TINJU MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIK

Adisusilo, Anang Kukuh (Unknown)
Hariadi, Mochamad (Unknown)
Zaini, Ahmad (Unknown)
Nugroho, Supeno Mardi Susiki (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2012

Abstract

Dalam pemodelan perilaku agen sering digunakan FSM (Finite State Machine) berdasar variabel random yang merupakan distribusi nilai acak. Penggunaan distribusi acak akan sulit membuat perilaku agen yang dinamis bahkan kesulitan untuk mencapai nilai optimal. Dalam permainan tinju perilaku agen tinju dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah teknik gerakan bertinju, jenis pukulan tinju, stamina dan energi pukulan. Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku agen dalam permainan tinju sulit mencapai nilai optimal jika menggunakan FSM dengan menggunakan varibel random. Pada penetian ini untuk memperoleh nilai optimal perilaku agen dalam permainan tinju digunakan pembangkit FSM berbasis algoritma genetika (Genetic Algorithms / GA). Dari hasil penelitian dengan menggunakan pembangkit FSM berbasis algoritma genetika dihasilkan rata- rata fitness yang merupakan nilai optimal perilaku agen tinju yaitu 0.96. Nilai optimal deret kromosom algoritma genetika yang sudah menunjukkan bahwa agen tinju akan cenderung untuk maju kearah lawan dan energi yang dipakai untuk pukulan sudah cenderung sedikit, serta menggunakan jenis pukulan yang mempunyai objektivitas tinggi

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

java

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

JAVA Journal of Electrical and Electronics Engineering is published by the Department of Electrical Engineering Faculty of Industrial Technology, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya – Indonesia. Topics include all practical aspects of theory and methods of energy and power system, ...