Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 2 (2018): Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS MULTISENSORI EKOLOGI BAGI GURU PAUD KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM

Yaswinda Yaswinda (Universitas Negeri Padang)
Yulsyofriend Yulsyofriend (Universitas Negeri Padang)
Farida Mayar (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Banyak guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang memberikan stimulasi pada anak dengan penekanan pada pengembangan kognitif anak.  Stimulasi yang tidak sesuai dengan perkembangan anak ini dapat membahayakan anak, namun di sisi lain masih banyak guru-guru yang belum memahami stimulasi dan model pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini. Tujuan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru-guru PAUD Tilatang Kamang, Kabupaten Agam  dalam menyusun bahan pembelajaran sains anak usia dini yang berbasis multisensori-ekologi yang bertujuan untuk meningkatkan kognitif, sosial emosinal dan fisik anak secara bersamaan.  Kegiatan ini  menjalin mitra dengan dua lembaga PAUD yang berada di Tilatang Kamang yaitu PAUD Asysyifa dan PAUD Al Haramain. Kemitraan berupa pelatihan  Guru PAUD di Kecamatan Tilatang Kamang dan pendampingan guru-guru PAUD di kedua lembaga PAUD. Solusi yang ditawarkan adalah pelatihan  penyusunan bahan pembelajaran model pembelajaran sains berbasis multisensori-ekologi (PSB Mugi) karena keungulan model PSB Mugi adalah dapat meningkatkan kognitif, sosial emosional dan fisik anak secara bersamaan.  Penyusunan bahan pembelajran sains ini menjadi solusi atas kurangnya ketersediaan bahan pembelajaran sains anak usia dini bagi Guru PAUD.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

YaaBunayya

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan ...