Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana upaya peningkatan kemampuan membaca anak melalu metode cantol Raudhoh. Adapun metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Waladun Solihun Kabupaten Ciamis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan guru dalam menyusun Rencana Kegiatan Harian (RKH) dengan menerapkan metode Cantol Raudhoh pada siklus ke-I diperoleh nilai rata-rata skor 3,2 dengan kategori cukup. Pada siklus Ke-II meningkat dengan nilai rata-rata skor 3,9 dengan kategori baik. 2) kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran metode Cantol Raudhoh, pada Siklus ke-I mencapai rerata 3,2 termasuk pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II mencapai rerata 3,92 termasuk pada kategori baik. 3) Peningkatan kemampuan membaca anak Pada siklus I pertemuan 1 (27,7%), pertemuan 2 (44,4%), dan pertemuan 3 (55,5)%. Siklus II pertemuan 1 (66,6%), pertemuan 2 (77,7%), dan pertemuan 3 (94,4%).
Copyrights © 2017