Pendidikan agama sangat penting bagi manusia yaitu sebagai batasan-batasan dalam berperilaku. Oleh karena itu, manusia akan mulia jika hidupnya sesuai dengan ajaran Islam. Banyak sekali tokoh pendidikan yang memberikan kontribusi pemikirannya tentang konsep pendidikan agama Islam pada anak. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti konsep pendidikan agama Islam pada anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Daradjat. Metode penelitian yang digunakan adalah library research, sedangkan teknik analisis data menggunakan content analisys. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Konsep pendidikan agama Islam pada anak menurut Abdullah Nashih Ulwan, terdiri dari: a) Materi pendidikan; b) Metode pendidikan; c) Lingkungan pendidikan; 2) Menurut Zakiah Daradjat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: a) Materi pendidikan; b) Metode pendidikan; c) Lingkungan pendidikan; 3) Persamaan pemikiran antara kedua tokoh: a) Sama-sama membagi konsep pendidikan agama Islam pada anak menjadi tiga bagian, b) membahas materi pendidikan keimanan, akhlak, dan sosial; c) menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan; d) mengemukakan bahwa lingkungan pendidikan terdiri dari: lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Perbedaannya adalah: Zakiah Daradjat menyajikan materi pendidikan yang lebih bernilai spiritual, dan memakai metode lain, selain dua metode yang sama.
Copyrights © 2017