JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling
Vol 5, No 2 (2018): JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 13 PALEMBANG

Fitri Afra Nurhuda (Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya)
Harlina Harlina (Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya)
Syarifuddin Syarifuddin (Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 13 Palembang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 341 siswa kelas VII SMP Negeri 13 Palembang.  Sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala kecerdasan emosi dan dokumentasi daftar nilai rapor matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan rumus pearson product moment. Hasil analisis data dari penelitian ini diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,77 pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh  lebih besar dari  0,77 > 0,18) artinya terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 13 Palembang. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan terdapat hubungan positif signifikan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 13 Palembang. Angka koefisien korelasi positif (+) menunjukkan adanya hubungan yang searah yaitu semakin tinggi kecerdasan emosi yang dimiliki siswa maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa, sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosi yang dimiliki siswa maka semakin rendah prestasi belajar matematika siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkonseling

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Konseling Komprehensif berisi artikel tentang gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori Berkala dua kali setahun pada bulan Mei dan November (ISSN 2355-7303); berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis, dan hasil penelitian bimbingan dan ...