Jurnal Inovasi Pendidikan


PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI LARUTAN ASAM BASA UNTUK KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Effrilia, Utarie (Unknown)
Rachman, Fuad Abd (Unknown)
Nawawi, Effendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2017

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif materi larutan asam basa yang valid, praktis dan memiliki efektivitas terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Alessi dan Trollip. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan (planning), tahap desain (design), dan tahap pengembangan (development). Hasil validitas diperoleh melalui uji alpha yang dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran. Hasil rerata penilaian para ahli diperoleh angka sebesar 0,69 dari ahli materi; 0,74 dari ahli media dan 0,68 dari ahli desain pembelajaran, sehingga bahan ajar berbasis multimedia yang dikembangkan dinyatakan tinggi tingkat kevalidannya. Hasil kepraktisan diperoleh melalui uji betha menggunakan angket dengan rata-rata V adalah 0,66 dengan kategori tinggi tingkat kepraktisannya. Hasil uji lapangan menunjukan bahwa hasil belajar meningkat 35,93 dengan rata-rata skor pretest sebesar 40,62 sedangkan skor posttest sebesar 76,56, dengan N-gain score sebesar 0,61 (kategori sedang). Saran dari peneliti yakni (1) bagi peneliti lain, diharapkan agar dapat mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif untuk materi lain, dan mampu mengembangkan soal-soal evaluasi yang sifatnya random; (2) bagi guru, diharapkan media yang dihasilkan dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar yang mempermudah penyampaian materi pelajaran; (3) bagi sekolah, diharapkan agar bahan ajar berbasis multimedia interaktif ini digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran kimia kelas XI.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

sij-inovpend

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan is an online peer-reviewed journal and aims to provide an international scientific communication forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to educational technology. This journal is publish by Educational Technology ...