Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan penilaian online berbantuan edmodo dalam pembelajaran geografi di sekolah menengah atas yang valid, praktis, dan mempunyai dampak potensial terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian menggunakan model pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri dari tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 3 Kayuagung. Penelitian ini dikatakan valid bila review ahli menyatakan penilaian online berbantuan edmodo dalam pembelajaran geografi yang dikembangkan layak untuk di uji coba, Kemudian di uji cobakan pada uji lapangan untuk melihat kepraktisan penilaian online berbantuan edmodo dalam pembelajaran geografi, hali ini terlihat dari tes uji lapangan diperoleh sebesar 96, 66% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penilaian online berbantuan edmodo dalam pembelajaran geografi yang dikembangkan terbukti valid, praktis dan mempunyai dampak potensial terhadap hasil belajar siswa. Saran bagi siswa, guru mata pelajaran dan sekolah agar penilaian online berbantuan edmodo dalam pembelajaran geografi ini dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran dengan sebaiknya, serta bagi peneliti lain penilaian online berbantuan edmodo dalam pembelajaran geografi ini dapat dijadikan acuan dalam mengembangkan penelitian yang serupa.
Copyrights © 0000