Jurnal Inovasi Pendidikan


PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR

Lestary, Dian (Unknown)
Diem, Chuzaimah (Unknown)
Khadijah, Nyayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2019

Abstract

Lembar kerja peserta didik berbasis pembelajaran kontekstual untuk materi mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi telah dikembangkan dan diujicobakan di SD Kartika II-3 Palembang. Lembar kerja peserta didik berbasis pembelajaran kontekstual ini dikembangkan dengan menggunakan model Denny Setiawan  yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: pertama-tama peneliti (1)melakukan analisis karakteristik khusus dan umum; (2)perencanaan, dengan mengidentifkasi tujuam pembelajaran, pemilihan media dan sumber belajar; (3)pengembangan seperti menulis materi dan menentukan format serta tata letak; (4)evaluasi; dimana beberapa ahli melakukan review untuk memvalidasi produk yang telah dikembangkan; dan (5)revisi berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan oleh review ahli. Lembar kerja peserta didik berbasis pembelajran kontekstual dinyatakan valid berdasarkan hasil rata-rata penilaian validator  adalah sebesar 85,60%. Hasil evaluasi lapangan berbasis angket rata-rata angket terhadap semua aspek yang dinilai menunjukan kepraktisan sebesar 81%. Lembar kerja peserta didik berbasis pembelajaran kontekstual juga terbukti efektif dilihat dari rata-rata gain score pada evaluasi lapangan sebesar 0,41 dengan kategori sedang dan hasil observasi sebesar 77,40% termasuk kategori aktif. Disaran bagi peserta didik, guru, sekolah, agar dapat memanfaatkan lembar kerja peserta didik berbasis pembelajaran kontekstual ini sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan sebagai inspirasi untuk peneliti lain untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis pembelajaran kontekstual untuk materi lain.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

sij-inovpend

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan is an online peer-reviewed journal and aims to provide an international scientific communication forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to educational technology. This journal is publish by Educational Technology ...