Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis konstruktivistik dalam mata pelajaran sosiologi di Sekolah menengah Atas materi stratifikasi sosial untuk peserta didik kelas XI IPS. Penelitian dilaksanankan di SMA Srijaya Negara Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Validitas multimedia interaktif ini dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli media. Berdasarkan saran dan penilaian ahli, multimedia interaktif ini dinyatakan valid dan layak untuk diujicoba. Kepraktisan multimedia interaktif dapat dilihat dari kesimpulan hasil wawancara pada tahap uji beta diperoleh rerata 4,62 dengan kategori sangat praktis. Efektifitas multimedia interaktif ini tampak dari hasil belajar yang megalami peningkatan dengan Ngain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan memiliki efektifitas terhadap hasil belajar peserta didik. Melalui hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti lain untuk dapat mengembangkan multimedia interaktif pada materi pembelajaran yang lain
Copyrights © 0000