Jurnal Inovasi Pendidikan


PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONSTRUKTIVISTIK DALAM MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Handayani, Nevi (Unknown)
Susanti, Retno (Unknown)
Khatijah, Nyayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis konstruktivistik dalam mata pelajaran sosiologi di Sekolah menengah Atas materi stratifikasi sosial untuk peserta didik kelas XI IPS. Penelitian dilaksanankan di SMA Srijaya Negara Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Validitas multimedia interaktif ini dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli media. Berdasarkan saran dan penilaian ahli, multimedia interaktif ini dinyatakan valid dan layak untuk diujicoba. Kepraktisan multimedia interaktif dapat dilihat dari kesimpulan hasil wawancara pada tahap uji beta diperoleh rerata 4,62 dengan kategori sangat praktis. Efektifitas multimedia interaktif ini tampak dari hasil belajar yang megalami peningkatan dengan Ngain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan memiliki efektifitas terhadap hasil belajar peserta didik. Melalui hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti lain untuk dapat mengembangkan multimedia interaktif pada materi pembelajaran yang lain

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

sij-inovpend

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan is an online peer-reviewed journal and aims to provide an international scientific communication forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to educational technology. This journal is publish by Educational Technology ...