Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap persiapan penuliasan, tahap penulisan dan penyuntingan. Pada tahap penyuntingan menggunakan evaluasi Tessmer. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu LKPD berbasi Problem Based Learning dalam materi sistem starter pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) di Sekolah Menengah Kejuruan yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, walkthrough, kuesioner, observasi dan tes. Penelitian ini dinyatakan valid karena didapatkan melalui proses validasi dari para ahli yaitu ahli materi, desain dan bahasa. Untuk kepraktisan yang didapat melalui uji satu satu (one to one ) dan uji kelompok kecil (small group) dengan nilai rerata 4,47 dengan kategori sangat praktis. Pada tahap uji lapangan (field test) hasil yang didapat 28,35 yang menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan rerata pretest 47,50 dan rerata posttest 75,75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan terbukti valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 0000