Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran TGT dengan media Domino terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen semu dengan desain penelitian “Posttest-Only Control Design”. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan didapatkan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) minat belajar kelas eksperimen sebesar 77% sedangkan kelas kontrol sebesar 76%. 2) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 67% sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikan sebesar 0,093 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada materi struktur atom.
Copyrights © 2014