Penggunaan media dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih belum dapat mengaktifkan siswa, diharapkan dengan media flipchart pada model learning cycle dapat membantu siswa untuk aktif dan memperoleh hasil yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh penggunaan media flipchart pada model learning cycle terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas X materi Fungi SMA Kemala Bhayangkari. Bentuk penelitian yang digunakan adalah  quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sehingga ditetapkan kelas X IIS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 7 sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data berupa tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji U Mann-Whitney diperoleh nilai signifikasi 0,00 < 0,05 sehingga diketahui terdapat perbedaan hasil dan aktivitas belajar siswa menggunakan media flipchart pada model learning cycle. Sedangkan berdasarkan perhitungan Effect Size, media flipchart memberikan pengaruh hasil belajar siswa sebesar 55,4% (tergolong besar) dan mempengaruhi aktivitas belajar siswa sebesar 77,4% (tergolong besar). Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil dan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle dengan media flipchart dan LKS, serta terdapat pengaruh penggunaan media flipchart pada model learning cycle terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018