JURNAL BIOEDUCATION
Vol 5, No 1 (2018): JURNAL BIOEDUCATION

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIPCHART PADA MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X MATERI FUNGI SMA KEMALA BHAYANGKARI

Herditiya Herditiya (Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Hanum Mukti Rahayu (Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

Penggunaan media dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih belum dapat mengaktifkan siswa, diharapkan dengan media flipchart pada model learning cycle dapat membantu siswa untuk aktif dan memperoleh hasil yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh penggunaan media flipchart pada model learning cycle terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas X materi Fungi SMA Kemala Bhayangkari. Bentuk penelitian yang digunakan adalah  quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sehingga ditetapkan kelas X IIS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 7 sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data berupa tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji U Mann-Whitney diperoleh nilai signifikasi 0,00 < 0,05 sehingga diketahui terdapat perbedaan hasil dan aktivitas belajar siswa menggunakan media flipchart pada model learning cycle. Sedangkan berdasarkan perhitungan Effect Size, media flipchart memberikan pengaruh hasil belajar siswa sebesar 55,4% (tergolong besar) dan mempengaruhi aktivitas belajar siswa sebesar 77,4% (tergolong besar). Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil dan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle dengan media flipchart dan LKS, serta terdapat pengaruh penggunaan media flipchart pada model learning cycle terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bioeducation adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Februari dan Agustus) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan biologi ...