Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2015): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

MODEL GUIDED NOTE TAKING DENGAN METODE DRILL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Anis Faridah (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIKAL)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2017

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi Aritmatika Sosial, penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat merupakan beberapa permasalahan dalam pembelajaran matematika. Model guided note taking dengan metode drill merupakan salah satu solusi yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa model guided note taking dengan metode drill dapat mencapai ketuntasan belajar (2) mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika model guided note taking dengan metode drill lebih baik dari pada model pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs Al-fatah Talun tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian posttest-only control desain dan teknik pengambilan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Data diolah dengan uji ketuntasan, dan uji beda rata-rata. Hasil perhitungan diperoleh (1) thitung(2,0786) ˃ ttabel(2,0280) maka dapat disimpulkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah model guided note taking dengan metode drill dapat mencapai ketuntasan belajar, (2) thitung(4,2304) ˃ ttabel(1,9917) maka dapat disimpulkan ratarata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model guided note taking dengan metode drill baik untuk diterapkan pada materi Aritmatika Sosial dilihat dari kemampuan pemecahan masalah siswa

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Delta

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika menyajikan informasi mutakhir hasil kajian dan penelitian bidang matematika dan pendidikan. Lingkup matematika meliputi statistik, aljabar, geometri, analisis, komputer, terapan. Sedangkan lingkup pendidikan meliputi pembelajaran matematika, media ...