Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik guru dalam menarik perhatian, membuat siswa termotivasi, memberi acuan dan mengaitkan materi pelajaran. Subjek penelitiannya adalah guru kelas IV.A, IV.B, dan IV.C di SD Negeri 57 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tahap pra-lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa teknik guru dalam membuka pelajaran di kelas IV SD Negeri 57 Palembang telah baik. Teknik guru dalam menarik perhatian berada pada kategori sangat baik. Teknik guru dalam menimbulkan motivasi berada pada kategori baik. Teknik guru dalam memberi acuan berada pada kategori cukup. Teknik guru dalam mengaitkan materi pelajaran berada pada kategori baik. Dari sejumlah teknik tersebut, mengemukakan ide bertentangan pada teknik menimbulkan motivasi dan membandingkan atau mempertentangkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang diketahui pada teknik mengaitkan materi dikategorikan kurang. Jika dilihat berdasarkan pengalaman mengajar atau masa kerja, pengalaman mengajar guru yang masih baru mendapat jumlah nilai terbesar dimana guru masih mempunyai semangat tinggi dalam meningkatkan kompetensi profesional, namun tetap saja jumlah nilai ketiga guru dalam  membuka pelajaran berada pada kategori baik.Kata Kunci : teknik-teknik, guru, membuka pelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017