Jurnal Isema : Islamic Educational Management
Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Islamic Educational Managament

MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TEKNIS FUNGSIONAL PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN

Ipah Parihah Padilah (Unknown)
Yaya Suryana (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen diklat di Balai Diklat Keagamaan Bandung yang mencakup profil, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat penyelenggaraan diklat, serta hasil menejemen penyelenggaraan diklat teknis fungsional peningkatan kompetensi guru di Balai Diklat Keagamaan Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan menyalin dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis dengan penafsiran deskriftif semata-mata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Guru di Balai Diklat Keagamaan Bandung terdiri dari perencanaan yang meliputi:   (1) analisis kebutuhan diklat, (2) rapat kerja, (3) rapat koordinasi, (4) startegi pendekatan, dan (5) penyusunan bahan. Pelaksanaan diklat dilakukan melalui: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan dan (3) tahap pelaporan. Evaluasi yang terdiri dari: (1) evaluasi terhadap peserta, (2) evaluasi terhadap Widyaiswara, dan (3) evaluasi terhadap penyelenggara.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

isema

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL IsEMa (Islamic Educational Management) ialah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Laboratorium Jurusan/Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini memfokuskan diri pada kajian ilmu manajemen pendidikan Islam. ...