Jurnal Pendidikan Matematika RAFA
Vol 3 No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA

IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Yulia Purnama Sari (Unknown)
Amilda Amilda (Unknown)
Syutaridho Syutaridho (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif dalam evaluasi pembelajaran matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas yang terdiri dari sembilan kelas. Dari sembilan kelas populasi diambil satu kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes mengenai bangun ruang sisi datar. Data dianalisis dengan cara mencari rata-rata nilai siswa, yang disajikan dalam bentuk tabel, sehingga diperoleh kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data sebagai berikut: 1) kemampuan kognitif siswa pada level C1 rata-rata sangat tinggi yaitu 74,74% termasuk kedalam kategori baik, kemampuan  kognitif siswa pada level C2 rata-rata rendah yaitu sebesar 59,59% termasuk dalam kategori cukup, kemampuan kognitif siswa pada level C3 rata-ratanya lebih tinggi dari rata-rata C2 yaitu sebesar 66,66% termasuk dalam kategori baik, dan yang terakhir kemampuan kognitif siswa pada level C4 rata-rata sangat rendah dengan persentase sebesar 35,35% termasuk kategori gagal

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpmrafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Matematika RAFA is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Tarbiyah and Teacher Training Faculty of Islamic State University of Raden Fatah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the ...