Indonesian Journal of Strategic Management
Vol 2, No 1 (2019)

FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN DALAM MEWUJUDKAN KEPUASAN MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Fakultas Ekonomi Uniku)

Dadang Suhardi (Universitas Kuningan)
Ilham Akbar (Universitas Kuningan)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2019

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Uniku dan untuk menganalisis (1) pengaruh tangibles terhadap kepuasan mahasiswa, (2) pengaruh reliabilty terhadap kepuasan mahasiswa, (3) pengaruh responssive terhadapa kepuasan mahasiswa, (4) pengaruh assurance terhadap kepuasan mahasiswa dan (5) pengaruh emphaty terhadap kepuasan mahasiswa sebagai  faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bersifat eksploratif dengan subjek mahasiswa program studi manajemen dan akuntansi Fakultas Ekonomi Uniku. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan menggunakan metode kuantitatif deskriktif. Berdasarkan hasil Uji hipotesis (1) Tangibles menunjukkan bahwa terdapat nilai thitung sebesar 3.3700.299 dan signifikansi sebesar 0,001 (0,001 0,05) Tangible   berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (2) reliability menunjukkan bahwa terdapat nilai thitung sebesar 1.4000.166 dan nilai signifikansi sebesar 0,165 (0,165 0,05) artinya Reliability tidak berpengaruh   terhadap kepuasan mahasiswa (3) responssive menunjukkan bahwa terdapat nilai thitung sebesar 1.5260.145 dan nilai signifikansi sebesar 0,130 (0,130 0,05) artinya Responsiveness tidak berpengaruh   terhadap kepuasan mahasiswa(4) assurance menunjukkan bahwa terdapat nilai thitung sebesar 2.251 0,236 dan nilai signifikansi sebesar 0,027 (0,027 0,05) artinya Assurance  berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (5) emphaty menunjukkan bahwa terdapat nilai thitung sebesar 1.1100.095 dan nilai signifikansi sebesar 0,270(0,270 0,05) artinya empathy berpengaruh   terhadap kepuasan mahasiswaKata kunci :tangibles,reliabilty,assurance,responssive,emphaty

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijsm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

IJSM: Indonesian Journal of Strategic Management with p-ISSN 2614-5391 and e-ISSN 2614-2406 is a peer reviewed journal published in Indonesia by the Department of Management, Faculty of Economic and Business, the University of Kuningan (Prodi Manajemen FEB UNIKU). This Journal is published twice a ...