Jurnal Tadris Kimiya
Vol 4, No 1 (2019)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INKUIRI TERHADAP KARAKTER KOMUNIKATIF PADA MATERI TERMOKIMIA

Vivin Wulandari (Unknown)
Maria Erna (Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Riau, Jalan Bina Widya 25, Pekanbaru, 28293)
Rasmiwetti Rasmiwetti (Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Riau, Jalan Bina Widya 25, Pekanbaru, 28293)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian tentang penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan inkuiri telah dilakukan untuk melihat model pembelajaran yang lebih efektif terhadap karakter komunikatif peserta didik pada pokok bahasan termokimia di kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Seikijang, Pelalawan. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuasi-eksperimen dengan desain non equivalen control posttest design. Waktu pengambilan data mulai dari bulan september-oktober 2018 sebanyak 4 kali pertemuan. Sampel merupakan dua kelas yang dipilih dari empat kelas yang ada, yaitu kelas XI MIPA 1 berjumlah 25 peserta didik dan XI MIPA 2 berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan kuisioner (angket), tes dilakukan dengan soal sebanyak 30 butir dan angket sebanyak 18 butir pernyataan.  Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung skor rata-rata untuk soal tes dan menghitung persentase karakter komunikatif untuk soal non tes. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data akhir diperoleh persentase hasil belajar pada kelas PBL sebesar 78,85% dan pada kelas inkuiri sebesar 81,98 %. Selain itu, persentase karakter komunikatif peserta didik yang diajar dengan model PBL sebesar 78,15% dan kelas inkuiri sebesar 83,75%, artinya penerapan model pembelajaran inkuiri lebih efektif digunakan dalam membangun karakter komunikatif peserta didik pada materi termokimia di kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Seikijang, Pelalawan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tadris-kimiya

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Tadris Kimiya Journal is a Journal published by Department Chemical Education, Tarbiyah & Keguruan Faculty UIN SGD Bandung, has a scope of discussion on education and chemistry ...