Jurnal Tadris Kimiya
Vol 4, No 1 (2019)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TOPIK IKATAN KIMIA

Ghery Priscylio (Pendidikan IPA, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia)
Parida Eriani (Pendidikan Kimia, Fakulltas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar Kota Padang Sumatera Barat 25171 Indonesia)
Ellizar Ellizar (Pendidikan Kimia, Fakulltas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar Kota Padang Sumatera Barat 25171 Indonesia)
Andromeda Andromeda (Pendidikan Kimia, Fakulltas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar Kota Padang Sumatera Barat 25171 Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Menguasai sains dan teknologi adalah kunci penting untuk menghadapi tantangan masa depan. Pendidikan sains memainkan peran penting dalam mempersiapkan siswa yang dapat berpikir kritis, kreatif, logis, dan mengambil inisiatif dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa berbasis masalah pada topik ikatan kimia. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yaitu terdiri dari tahap  define, design, develop and disseminate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket praktikalitas. Lembar kerja yang dikembangkan divalidasi oleh enam orang ahli dan uji praktikalitas oleh 25 orang siswa SMA Negeri 1 Batang Kapas, Pesisir Selatan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Cohen’s Kappa Formula. Uji validitas menyatakan lembar kerja siswa yang dikembangkan memiliki kategori validitas yang sangat tinggi. Uji praktikalitas siswa tentang lembar kerja siswa yang dikembangkan menunjukkan kategori yang sangat tinggi dan uji praktikalias guru memperoleh kategori kepraktisan yang sangat tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa lembar kerja pembelajaran berbasis masalah pada topik ikatan kimia adalah valid dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Temuan ini juga menunjukkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar dan dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tadris-kimiya

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Tadris Kimiya Journal is a Journal published by Department Chemical Education, Tarbiyah & Keguruan Faculty UIN SGD Bandung, has a scope of discussion on education and chemistry ...