Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran
Vol 9, No 1 (2019)

Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar

Santi Ratna Dewi (Universitas Negeri Yogyakarta)
Haryanto Haryanto (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Perkembangan teknologi membawa perubahan dalam penggunaan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang merespon perkembangan teknologi adalah multimedia interaktif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Lee & Owens yang terdiri dari empat tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Media yang telah dikembangkan dievaluasi oleh ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakannya. Setelah dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media, media diujicobakan kepada siswa sebanyak tiga kali melalui evaluasi satu lawan satu, evaluasi kelompok kecil, dan evaluasi lapangan. Hasil evaluasi satu lawan satu termasuk dalam kategori sangat baik, hasil evaluasi kelompok kecil termasuk dalam kategori baik, dan hasil evaluasi lapangan termasuk dalam kategori sangat baik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada tahap analisis yaitu observasi dan wawancara, sedangkan pada tahap evaluasi berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji kelayakan materi termasuk dalam kategori sangat baik, (2) hasil uji kelayakan media termasuk dalam kategori baik, dan (3) hasil uji kelayakan pengguna termasuk dalam kategori baik sehingga multimedia interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PE

Publisher

Subject

Education

Description

PREMIERE EDUCANDUM: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and ...