Perspektif Ilmu Pendidikan
Vol 20 No XI (2009): Perspektif Ilmu Pendidikan

PERENCANAAAN STRATEGI PENINGKATAN LAYANAN PERGURUAN TINGGI DENGAN METODE QFD (QUALIY FUCTION DEPLOYMENT) STUDI KASUS: PG PAUD FIP UNJ

Nurbiana Dhieni (Universitas Negeri Jakarta)
Azizah Muis (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2009

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi keinginan dan kebutuhan konsumen, kualitas pelayanan PGPAUD UNJ menurut persepsi pelanggan; mengidentifikasi isu-isu strategis dan membuat usulan strategi peningkatan kualitas layanan dengan Metode QFD. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, yang meliputi: pemberian angket, wawancara dan focus group. (1) Harapan terhadap terhadap layanan di PGPAUD UNJ adalah kualitas SDM yang menunjang (dosen dan karyawan) sehingga mampu memberikan layanan pendidikan dan administrasi yang baik: 14,28%; Pembelajaran berlangsung dengan interaktif didukung dengan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan IPTEKs dan tuntututan kerja: 26,19 %; Efektifitas pengelolaan dan keramahandalam melayani mahasiswa: 9,52%; Lulus dengan tepat waktu dengan kualitas penelitian yang baik: 9,52%; Ketersediaan sarana dan prasarana perkuliahan:35,72%; Pencitraan publik dengan memanfaatkan/membuat media informasi:4,77%; (2) Kinerja PG PAUD FIP UNJ dalam memberikan pelayanan pendidikan dinilai kurang memuaskan. Hal ini dapat terlihat dari tingginya gap antara ekspektasi dan persepsi terhadap kualitas layanan. Gap terbesar adalah 4 sebanyak 2,08%, gap 3 sebanyak 41,67% dan (3) Relevansi dan daya saing dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sebesar 33,687%. Penguatan tatakelola dan akuntabilitas 28,291%. Pencitraan publik memiliki konstribusi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan adalah 16,435% dan pengembangan sumber daya manusia memiliki porsi sebesar 21,832%; (4) Proses perencanaan strategi dibuat usulan strategi dan penyebarannya sampai level 2 dalam struktur organisasi PGPAUD UNJ. Usulan tersebut terdiri dari 13 strategi pada level pertama dan 57 strategi pada level kedua.

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

pip

Publisher

Subject

Education

Description

Perspektif Ilmu Pendidikan published by Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Perspektif Ilmu Pendidikan contained results of the research which focused about education from practitioners, academics, researchers, and education ...