Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol 4, No 1 (2019): Edisi Januari

PLACE BRANDING SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN KOLAKA DALAM UPAYA PEMASARAN OBJEK WISATA PERMANDIAN SUNGAI TAMBORASI

Sitti Utami Rezkiawaty Kamil, Susi Safitriyaningsih, Siti Harmin, (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2019

Abstract

Susi Safitriyaningsih Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Stambuk C1D1 14 029 dengan Judul Skripsi Place Branding Sebagai Strategi Pengembangan Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka Dalam Upaya Pemasaran Objek Wisata Permandian Sungai Tamborasi. Pembimbing I Ibu Dr. Hj. Siti Harmin, M.Si dan Pembimbing II Sitti Utami Rezkiawaty, S.Sos., M.I.Kom.            Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat bahwa Sungai Tamborasi sangat potensial untuk dijadikan objek wisata andalan, namun pemerintah Kabupaten Kolaka belum melakukan upaya maksimal untuk hal ini. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan place branding sebagai strategi pengembangan yang dijalankan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka dalam upaya pemasaran Sungai Tamborasi. Penelitian ini menggunakan Teori Bauran Pemasaran oleh Kotler. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif.            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka ingin membentuk image Sungai Tamborasi sebagai objek wisata andalan di Kabupaten Kolaka dan sebagai objek wisata nasional dan internasional, place branding sebagai strategi pengembangan yang digunakan dalam upaya pemasaran objek wisata permandian Sungai Tamborasi tidak berjalan dengan baik dan kurang efektif. Kurang efektifnya place branding ini ditunjukkan dengan pendapat wisatawan yang tidak nyaman dengan kebersihan pada Sungai Tamborasi serta dalam upaya pemasaran adalah kurangnya bentuk promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka untuk memperkenalkan Sungai Tamborasi.Kata Kunci: Place        Branding,      Strategi        Pengembangan,       Objek         Wisata

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

KOMUNIKASI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Is a journal of scientific in the form of research results in communication and information science. This journal is published 4 times a year (January, April, July and October) published by the Laboratorium Ilmu ...