Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol 4 No 2 (2019): The Journal of Innovation in Elementary Education

Ketrampilan Sosial dalam Kaulinan Huhuian: Kisah dari Indonesia

Maulani, Susan (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2019

Abstract

Gagasan tentang keterampilan sosial sering diabaikan di sekolah dasar karena banyak guru berpikir bahwa prestasi belajar siswa lebih penting daripada pengembangan keterampilan. Artikel ini mencoba menjelaskan secara konseptual tentang keterampilan sosial dalam kaulinan huhuian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Enam guru sekolah dasar dari dua sekolah berbeda di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia dipilih sebagai peserta. Data dikumpulkan melalui wawancara semi struktur dan observasi, Analisis data dengan menggunakan pendekatan landasan Temuan penelitian ini membahas aktivitas dan keterampilan sosial dalam kaulinan huhuian yang terdiri dari memutuskan siapa yang menjadi ucing, membuat formasi seperti hui (ubi jalar), menyanyikan kakawihan (lagu), dan dialog antara ucing dan huiand. Keterampilan sosial yang dapat dikembangkan adalah kejujuran, kebersamaan dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan sekitar. Temuan ini juga dapat memberikan solusi untuk menghasilkan proses pembelajaran baik model, strategi, teknik, yang mengembangkan keterampilan sosial pada siswa.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar (JIPD) or The Journal of Innovation in Elementary Education is an international, open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. JIPD publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and ...