Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 6, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS VISUAL STUDIO PADA MATA KULIAH KINEMATIKA DAN DINAMIKA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Rudi - Hermawan (UNSRI)
Darlius - Darlius (Unknown)
Zulherman - Zulherman (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2019

Abstract

   Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Develovment) yang digunakan untuk mengetahui valid dan praktis suatu produk. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Luther dengan 6 tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution.   Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, dan angket serta menggunakan evaluasi formatif yaitu alpha test dan beta test, alpha test terdiri dari validasi ahli materi dan validasi ahli media sedangkan beta test terdiri dari 3 tahapan yaitu One to One, Small group, dan field test.  Instrumen lembar One to One untuk mengetahui kekurangan produk berdasarkan penilaian pengguna. Sedangkan validasi ahli, Small group, dan field test berupa angket untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan produk.    Hasil Multimedia Interaktif menunjukkan bahwa dengan penggunaan model pengembangan luther yang di implementasikan pada multimedia interaktif visual studio ini valid dan praktis. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ptm

Publisher

Subject

Automotive Engineering Education Engineering Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN: Kajian Teori dan Praktik Pembelajaran Teknik Mesin, merupakan Berkala yang terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang pembelajaran teknik ...