Jurnal Literasiologi
Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Literasiologi

PENINGKATAN KINERJA MENGAJAR GURU TK AL ISRO KOTA JAMBI MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK OBSERVASI KELAS

Yusliarti Yusliarti (TK Al Isro Kota Jambi)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2019

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan kinerja mengajar guru TK Al Isro’ kota Jambi selama dilakukan supervisi akademik dengan teknik observasi kelas. Hasil dari penelitian ini, setelah dilakukan Supervisi Akademik dengan dua siklus mengalami peningkatan, pada siklus I dengan skor 63,25 dengan Kategori C meningkat 6,25%. Pada siklus II meningkat 22,50% dengan Skor 79,50, dengan kategori B, ketuntasan kasikal 100%. Kinerja mengajar pada aspek melaksanakan pembelajaran kondisi pra siklus dengan skor 61,05, kategori C, kondisi siklus I meningkat 0,30% dengan skor 61,35, kategori C, setelah siklus II Meningkat 15,31% dengan skor 76,36, dengan kategori B, ketuntasan klasikal 100%. Sedangkan Kinerja mengajar pada aspek mengevaluasi hasil belajar siswa kondisi pra siklus dengan skor 56,93, kategori C, setelah siklus I meningkat 0,03% dengan skor 56,95 kategori C. Setelah siklus II meningkat 18,63% dengan skor 75,56, ketuntasan klasikal 100% dengan kategori B.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...