JURNAL SINEKTIK
Vol 2, No 1 (2019): Jurnal-Sinektik:Juni-2019

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MEDIA FOTONOVELA TERHADAP AKTIVITAS PEMBELAJARAN

Artikawati, Freliana (Unknown)
Soekirno, Soewalni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Pre Eksperimental tipe one group pretest-postest design. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan saintifik melalui media fotonovela berbasis lingkungan terhadap aktivitas pembelajaran tematik integratif pada siswa kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Al Iman Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunkan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Validasi instrumen menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil analisis data diperoleh hasil –thitung sebesar -7,751 yang selanjutnya dibandingkan  dengan –ttabel dengan d.b (N-1) jadi (29-1)= 28 pada taraf signifikan 5% yaitu -2,048. Jadi dapat disimpulkan bahwa –thitung< –ttabel atau -7,751 < -2,048, sehingga ada pengaruh pendekatan saintifik melalui media fotonovela berbasis lingkungan terhadap aktivitas pembelajaran tematik integratif pada siswa kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Al Iman Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sin

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Sinektik published by Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Slamet Riyadi. This Journal aimed as media communications and informations around teaching practice and elementary education implementations from various aspect. ...