Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 5 No 1 (2019): Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

The Benefits of Traditional Game "Clogs" to Develop Early Childhood's Gross Motor Skill

Aneka Aneka (Institut Agama Islam Negeri Metro)
Aufilana Rahmatika (Institut Agama Islam Negeri Metro)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2019

Abstract

Metode permainan ini merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran karena dalam hal ini anak belajar sambil bermain, dan permainan ini merupakan permainan masyarakat yang perlu dikenalkan kepada anak usia dini yaitu permainan bakiak. Permainan ini merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan fisik/motorik kasar anak pada usia lima sampai enam tahun. Motorik kasar merupakan kemampuan anak beraktifitas dengan menggunakan otot-otot besar, Motorik kasar sangat penting dikuasai oleh seseorang karena dapat bermanfaat untuk melakukan aktivitas sehari-hari, bila tidak mempunyai kemampuan gerak yang baik akan mengalami ketingalan kemampuan dari yang dimiliki orang lain misalnya tidak dapat mengikuti aktivitas bermain bersama dengan teman seperti berlari, melompat, mendorong, melempar, menangkap, menendang, dan lain sebagainya, kegiatan ini memerlukan dan menggunakan otot-otot besar pada tubuh. Tujuan permainan bakiak ini untuk melatih anak bisa bekerjasama dalam meraih satu tujuan, menjalin keakraban pada diri setiap anak. Bakiak oleh sebagian masyarakat dikembangkan menjadi sebuah permainan sandal bakiak dengan satu sandal dapat membuat empat atau enam orang lalu berjalan secara bersama-sama atau serempak jika tidak kompak maka kelompok tersebut pastinya akan terjatuh. Nantinya mereka bersama-sama melangkah ke garis finish.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

ournal published by the department of Madrasah Ibtidaiyah (Elementary School) Teacher Education, Faculty of Tarbiya and Teachers Training, State Islamic Institute Metro, Lampung. This is a biannually published journal. It is dedicated for experts, lecturers, teachers, practitioners and researchers ...