Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia
Vol 3, No 2 (2016)

PENGARUH MODEL DISCOVERY-INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS X SMA ITRAUDHATUL ULUM, SAKATIGA

Arrahma Nurizka (Universitas Sriwijaya)
Made Sukaryawan (Sriwijaya University)
Bety Lesmini (Sriwijaya University)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2019

Abstract

Pengaruh Model Discovery-Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia di Kelas X SMA ITRaudhatul Ulum, Sakatiga.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model discovery-inquiry terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMA IT Raudhatul Ulum, Sakatiga. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent (pretest and posttest) control group design. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen adalah 38,65 dan rata-rata posttest adalah 89,03 sedangkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol adalah 41,24 dan rata-rata posttest 74,64. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%, diperoleh thitung> ttabel yaitu (5,030) > (2,006). Dengan demikian Ho ditolak, berarti ada pengaruh model discovery-inquiry terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia dikelas X SMA IT Raudhatul Ulum, Sakatiga. Disarankan bagi guru agar dapat menggunakan model discovery-inquiry.

Copyrights © 2016