Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Ekperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Dan TPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI

Lisa Yuni Astuti (universitas kristen satya wacana)
Sutriyono Sutriyono (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Fika Widya Pratama (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
14 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penerapan model pembelajaran TSTS dan TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Subjek penelitian ini siswa kelas XI MIPA 1 (26 siswa) dan XI MIPA 2 (27 siswa) di SMA Negeri 2 Salatiga tahun ajaran 2018/2019 dan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Eksperimen ini menggunakan desain The Randomized Control Group Pretest-Posttest Desain untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan akhir setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Analisis kemampuan akhir dengan menggunakan uji Independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai signifikansi 0.007 (kurang dari 0.05 ) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat disimpulkan pula jika model pembelajaran TSTS lebih baik dari model pembelajaran TPS dilihat dari nilai rata-rata kelas XI MIPA 1 (84.00 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas XI MIPA 2 (73.0769)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penerapan model pembelajaran TSTS dan TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Subjek penelitian ini siswa kelas XI MIPA 1 (26 siswa) dan XI MIPA 2 (27 siswa) di SMA Negeri 2 Salatiga tahun ajaran 2018/2019 dan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Eksperimen ini menggunakan desain The Randomized Control Group Pretest-Posttest Desain untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan akhir setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Analisis kemampuan akhir dengan menggunakan uji Independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai signifikansi 0.007 (kurang dari 0.05 ) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat disimpulkan pula jika model pembelajaran TSTS lebih baik dari model pembelajaran TPS dilihat dari nilai rata-rata kelas XI MIPA 1 (84.00 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas XI MIPA 2 73.0769)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...