Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 7, No 1 (2019): VOLUME 7 NOMOR 1 JUNI 2019

PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI HUKUM NEWTON GRAVITASI DAN HUKUM KEPLER

Mimi Rohazal Yaumi (Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Sutopo Sutopo (Jurusan Fisika Fakultas Matemtika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang)
Parno Parno (Jurusan Fisika Fakultas Matemtika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik melalui pembelajaran dengan pemodelan. Pembelajaran dengan pemodelan menitikberatkan pada model untuk menjelaskan fenomena gaya gravitasi, medan gravitasi, hukum Kepler, dan aplikasinya pada gerak satelit. Metode Penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan jenis embedded experimental design. Penelitian dilakukan di kelas X MIPA di salah satu sekolah Kabupaten Pasuruan dengan subyek penelitian 131 peserta didik. Analisis dilakukan secara deskriptip kualitatif untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik, kesulitan peserta didik selama pembelajaran, dan kebermanfaatan pembelajaran dengan pemodelan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan pemodelan pada materi hukum Newton gravitasi dan hukum Kepler. Peningkatan pemahaman konsep peserta didik dapat dilihat dari nilai d-effect size sebesar 2,12 yang termasuk lebih besar dari rata-rata dan nilai N-gain sebesar 0,49 yang tergolong medium atas. Pembelajaran ini dapat memudahkan peserta didik dalam memahami (1) konsep medan gravitasi, (2) konsep gaya gravitasi, (3) hukum I, II, III Kepler, (4) aplikasi hukum III Kepler untuk menentukan kecepatan satelit. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan menganalisis miskonsepsi pada Hukum Newton Gravitasi dan Hukum Kepler.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...