Kendala yang sering dijumpai pada pemasaran cinderamata khas Bengkulu yaitu pada strategi pemasaran dan media promosi. Salah satu solusi dari strategi pemasaran tersebut adalah dengan membangun e-marketplace. Hal ini yang menjadikan perlunya sebuah sistem informasi menggunakan codeigniter yang mampu merekomendasikan cinderamata khas Bengkulu berbasis e-marketplace dengan menggunakan metode collaborative filtering. Penelitian ini menggunakan collaborative filtering, yang terdiri dari item-based collaborative filtering dimana sistem akan mencari kesamaan model pembelian (similarity item) dengan yang lainnya dan user-based collaborative filtering dimana sistem merekomendasikan produk berdasarkan jumlah lihat, ulasan dan rating terbanyak. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi rekomendasi cinderamata khas Bengkulu berbasis e-marketplace yang di uji menggunakan metode pengujian blackbox dengan hasil 100% berhasil.Kata Kunci: E-marketplace, Collaborative Filtering, Sistem Rekomendasi, user-based.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019