Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2019): Februari 2019

Hasil Belajar Siswa pada Materi Bentuk Akar melalui Scaffolding Berbasis Teori Vigotsky di Kelas IX MTsN 1 Banda Aceh

Maria Ulfa (Unknown)
Johan Yunus (Unknown)
Cut Morina Zubainur (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2019

Abstract

Hasil belajar matematika siswa masih belum seperti yang diharapkan. Hal ini diakibatkan karena pembelajaran yang terjadi kurang melibatkan siswa. Pembelajaran melalui scaffolding berbasis teori Vigotsky diharapkan dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran melalui scaffolding berbasis teori Vigotsky. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdengan jenis penelitian one group pre-test post-test. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IX MTsN 1 Banda Aceh. Sampel penelitian dipilih secara acak yaitu siswa kelas IX-3 yang berjumlah 28 orang. Data penelitian ini adalah hasil belajar. Instrumen penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran melalui scaffolding berbasis teori Vigotsky pada materi bentuk akar di kelas IX MTsN 1 Banda Aceh mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data yaitu nilai  sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci:         Pembelajaran melalui Scaffolding, Teori Vigotsky, Hasil Belajar.

Copyrights © 2019