Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui aktivitas belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Know, Want, Learn (KWL), (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V SDN 1 Lunuk Ramba dengan menggunakan metode Know, Want, Learn (KWL). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Lunuk Ramba yang berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis pada akhir proses pembelajaran dan observasi untuk mengetahui aktivitas pada saat proses pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi baik dengan menggunakan metode Know, Want, Learn (KWL) pada peserta didik kelas V SDN 1 Lunuk Ramba tahun pelajaran 2016/2017.Hal tersebut terlihat pada aktivitas peserta didik pada siklus I dengan skor rata-rata 2,76 (cukup baik) dan pada siklus II ada peningkatan dengan skor rata-rata 3,88 (baik). (2) Ada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran Know, Want, Learn (KWL) pada peserta didik kelas V SDN 1 Lunuk Ramba tahun pelajaran 2016/2017, ini terbukti dari hasil pre test dengan rata-rata 38 dan ketuntasan klasikal 13%, pada siklus I dengan rata-rata 73 dan ketuntasan klasikal 80%, dan pada siklus II dengan rata-rata 86 dan ketuntasan klasikal 93%.
Copyrights © 2017