Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping (peta pikiran) terhadap hasil belajar IPS pada pokok bahasan mempertahankan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 8 Menteng Kota Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017. Adapun bentuk penelitian ini adalah pre-eksperimental design. Dengan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Yang dilaksanakan pada kelas V B SDN 8 Menteng Kota Palangka Raya. Data dikumpulkan menggunakan instrument berupa tes. Data hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistic uji-t dan menggunakan rumus regresi untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan metode mind mapping (peta pikiran). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor pretest sebesar 44,75 meningkat pada nilai posttest dengan nilai rata-rata sebesar 81,25. Berdasarkan perhitungan analisis statistik hasil dari uji-t yang diperoleh adalah Uji t yang dianalisis diperoleh thitung= 18,22, sedangkan ttabel = 2,022 dengan taraf signifikan 5% dan db(39). Kriteria hipotesis yang didapat bahwa thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan metode mind mapping (peta pikiran) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V B SDN 8 Menteng Kota Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017.
Copyrights © 2017