Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS pada materi jenis – jenis pekerjaan dengan menggunaka metode picture and picture di kelas III SDN-1 Kasongan Lama.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif didasarkan pada hasil siklus pada tiap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Aktivitas peserta didik pada saat proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode picture and picture pada kelas III SDN – 1 Kasongan Lama lebih aktif. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata – rata aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 3.3 yang termasuk kategori (baik) dan hasil rata – rata aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai 3,4 yang termasuk kategori (baik); (2) ada peningkatan hasil belajar IPS peserta didik setelah proses pembelajaran dengan menggunakan metode picture and picture pada peserta didik di kelas III SDN-1 Kasongan Lama. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata – rata yaitu 80 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 90%.
Copyrights © 2018