Nizhamiyah
Vol 9, No 1 (2019): NIZHAMIYAH

PENGARUH MODEL SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL INTELLECTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR

Nirwana Anas (UIN Sumatera Utara Medan)
Khairi Syafitri (UIN Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
24 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar dan pengaruh Model SAVI terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 3 Kota Medan yang dilaksanakan pada semester genap tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V MIN 3 Kota Medan. Sampel penelitian adalah siswa kelas V-A dan V-B MIN 3 Kota Medan. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model SAVI memiliki skor 10 poin lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan cara konvensional (skor maksimal 100). Perhitungan uji hipotesis yang dilakukan adalah dengan menggunakan taraf nyata (α) = 0,05 dan dk = n1+ n2 – 2 = 58 diperoleh thitung 4,97 dan ttabel 1,697 dengan kata lain thitung > ttabel dan hipotesis diterima. Dapat disimpulkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar.Kata kunci: Model SAVI; hasil belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nizhamiyah

Publisher

Subject

Education

Description

1. Profesionalisme guru dalam Pendidikan Dasar Islam 2. Pengembangan dan Desain Pembelajaran dalam Pendidikan Dasar Islam 3. Penerapan dan Pengembangan bidang studi atau mater Pelajaran Pendidikan Dasar Islam 4. Model, Strategi, dan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Dasar Islam 5. Manajemen ...