MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman
Vol 10, No 1 (2019): MAGISTRA

‘MANIAK’ MEDIA SOSIAL DAN GAME PADA ANAK USIA DASAR (Studi pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Yogyakarta)

Ahmad Shofiyuddin Ichsan (Institut Ilmu Al Qur'
an (IIQ) An Nur Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penggunaan media sosial (WhatsApp, Instagram, dan Facebook) dan game di kalangan anak-anak Madrasah Ibtidaiyah di Yogyakarta, peran orangtua dan pemerintah dalam memberikan pemahaman penggunaan media sosial dan game, dan analisa penanggulangan media sosial dan game dalam perspektif interdisipliner. Objek dalam penelitian ini adalah dua Madrasah Ibtidaiyah di Yogyakarta, yakni di MI Ma’arif Sananul Ula Piyungan Bantul, dan MI Negeri 1 Bantul. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada empat hal positif dan negatif yang didapatkan dari penggunaan media sosial di kalangan anak usia Sekolah Dasar. Sedangkan dalam pendekatan interdisipliner, terdapat tiga pendekatan, di antaranya: 1). Pendekatan Normatif (agama), 2). Pendekatan Psikologi Media, dan 3). Pendekatan Ekologi Media.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MAGISTRA

Publisher

Subject

Education

Description

MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman — ISSN (print) 2087-2305. diterbitkan oleh Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Keislaman (PKPI2) Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang sebagai media pengembangan kajian tentang ilmu-ilmu pendidikan dasar ...