Kebijakan publik sektor pasar tradisional saat ini menjadi elemen penting untuk upaya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Dampak dari PAD akan mendorong kesejahteraan masyarakat dan menguatkan keuangan daerah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis manajemen strategi kebijakan publik sektor pasar tradisional yang telah dilakukaan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat 2) Mengeksplorasi usulan model manajemen strategi yang efisien untuk peningkatan PAD di kabupaten Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan alat analis SWOT. Temuan penlitian ini menunjukkan bahwa kebiakan publik sektor pasar tradisional di kabupaten Bengkayang masih belum mampu memberikan kontribusi peningkatan PAD yang signifikan. Manajemen strategi yang digunakan selama ini masih bersifat non-technology based.. Dengan usulan model manajemen strategi integrated market management strartegic akan menjadi salah satu solusi dalam peningkatan PAD di kabupaten Bengkayang.
Copyrights © 2019