THABIEA (JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING)
Vol 2, No 1 (2019): THABIEA : JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis EMC (Education Mini Club) sebagai Solusi Menghadapi Tantangan Pendidikan dI Era Revolusi Industri 4.0

Wulandari, Ayik (Unknown)
Handayani, Putri (Unknown)
Prasetyo, Dody Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan menggunakan metode Education Mini Club (EMC) sebagai solusi dalam menghadapi tantangan pendidikan diera revolusi 4.0 penelitian ini di lakukan karena adanya proses pembelajaran yang kurang sesuai dengan keadaan siswa yang tidak suka dengan metode pembelajaran yang monoton.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode observasi lapangan yang artinya pengamatan secara langsung dilapangan. Pelaksanaan pengamatan yang dilakukan di MTs Nu Ibtidaul Falah yang mendapatkan analisis data adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Education Mini Club (EMC) data tersebut di dapat dari hasil nilai pree test ( sebelum di terapkan nya medode Educatin Mini Club (EMC) di bandingkan dengan nilai setelah di terapkanya metode EMC ini hasil nilai yang diperoleh lebih bagus setelah di terapkannya metode EMC. Sebelum di terapkannya ada beberapa siswa yang belum mncapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang di tetapkan pihak sekolah setelah di terapakan metode EMC ini siswa semua telah mencapai KKM. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Thabiea

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

Thabiea : Journal of Natural Science Teaching is a natural science education journal published by program studi Tadris IPA, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Thabiea is published twice a year as scientific communication means of academic people in the study of natural science education. ...