JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 4, Number 1, June 2019

PENGARUH LAYANAN INFORMASI PROSPEK KARIER TERHADAP MINAT MEMILIH PROFESI GURU SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI MODEL TERPADU MADANI

Hardiana, Ema (Unknown)
Thalib, Mansyur (Unknown)
Arifyadi, Azam (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2019

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan informasi prospek karier terhadap minat memilih profesi guru pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh layanan informasi prospek karier terhadap minat memilih profesi guru. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket minat memilih profesi guru. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik statistik yaitu uji-t (satu ekor) pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat memilih profesi guru sebelum diberikan layanan informasi prospek karier ada 29,17% siswa memiliki minat yang rendah untuk memilih profesi guru dan 70,83% siswa memiliki minat yang sangat rendah untuk memilih profesi guru. Sesudah diberikan layanan informasi prospek karier, ada 12,50% siswa memiliki minat yang sangat tinggi untuk memilih profesi guru, 8,33% siswa memiliki minat yang tinggi untuk memilih profesi guru, 58,33% siswa memiliki minat yang rendah untuk memilih profesi guru, dan 20,83% siswa memiliki minat yang sangat rendah untuk memilih profesi guru. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan informasi prospek karier terhadap minat memilih profesi guru siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Model Terpadu Madani. Kata Kunci: Prospek Karier, Profesi Guru

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...