JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 4, Number 1, June 2019

EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI KETERAMPILAN BELAJAR MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA KELAS VIII APEL SMPN 4 PALU

N.Dumo, Nurrahma (Unknown)
Syahran, Ridwan (Unknown)
Munifah, Munifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif pemberian layanan informasi keterampilan belajar melalui media audio visual untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi adanya pengaruh positif layanan informasi keterampilan belajar melalui media audio visual untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa. Subjek Penelitian ini berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif, inferensial dan analisis menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutios). Analisis inferensial menggunakan teknik statistik yaitu uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil Analisis deskriptif menunjukkan bahwa keterampilan belajar sebelum mengikuti layanan informasi terdiri dari 4 atau 20%  siswa memiliki keterampilan belajar yang tinggi, 14 atau 70%  siswa yang memiliki keterampilan belajar yang rendah, dan 2 atau 10% siswa memiliki keterampilan belajar yang sangat rendah. Sedangkan sesudah mengikuti layanan informasi mengalami peningkatan  yaitu ada 3 atau 15% siswa yang memiliki keterampilan belajar yang sangat tinggi, 8 atau 40% siswa memiliki keterampilan belajar yang tinggi , 9 atau 45% siswa memiliki keterampilan belajar yang rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi keterampilan belajar melalui media audio visual untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa. Kata Kunci : Layanan Informasi, Audio Visual, Keterampilan Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...