Rahmatan Lil Alamin: Journal of Peace Education and Islamic Studies
Vol. 1 No. 1 (2018): Islam Rahmatan lil Alamnin

RELASI SAINS DAN AGAMA PERSPEKTIF IAN G. BARBOUR DAN ARMAHEDI MAZHAR

khoirul warisin (SMK Widya Dharma Turen)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2018

Abstract

Pembahasan terkait sains dan agama menjadi sesuatu yang menarik untuk terus dikaji utamanya di dunia perguruan tinggi berbasis Islam. Hal ini bertujuan untuk memperkuat titik temu antara sains dengan agama. Karena semenjak jatuhnya dinasti Abasiyah yang merupakan puncak kejayaan Islam sepanjang sejarah peradaban Islam seolah muncul dikotomi antara sains dan agama. Oleh sebab itu, perlu adanya sebuah rumusan yang harus terus dikembangkan untuk mempertemukan antara sains dengan agama. Dengan harapan bisa memberikan sumbangsih pada dunia pendidikan Islam di abad sekarang ini. Penelitian yang penulis lakukan ini bertujuan untuk mengungkap letak titik temu antara sains dan agama. Di mana dengan terkuaknya titik temu antara sains dan agama bisa membantu para pendidik di tingkat sekolah dasar maupun menengah untuk mengintergrasikan antara ilmu pengetahuan (sains) dengan agama dalam proses pembelajaran di sekolah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis content dan teknik komparatif. Dari telaah yang penulis lakukan terhadap pandangan dua orang ilmuwan yaitu Ian G. Barbour dan Armahedi Mazhar terkait pandangannya terhadap keterkaitan hubungan antara sains dan agama dapat disimpulkan bahwa sains dan agama ada hubungan integrasi antara keduanya. Sains bisa dijadikan alat untuk membuktikan wahyu guna memperdalam keimanan seseorang terhadap Tuhan, sedangkan agama bisa sebagai basis berfikir dan orbit bagi pengembangan sains.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRLA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Articles to be received and published in the RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES are included in the scope of: Education Science. The Islamic Education Science. Educational Psychology. Learning Psychology. Educational Philosophy. Islamic Educational Philosophy. Lesson ...