Rahmatan Lil Alamin: Journal of Peace Education and Islamic Studies
Vol. 1 No. 2 (2018): Islam Rahmatan lil Alamnin

METAFORA SEBAGAI TEMAN BELAJAR ANAK

Rosidin Rosidin (IAIN Jember)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Dinamika arus informasi yang penuh-sesak menyebabkan belajar mengetahui (learn to know) harus digantikan belajar cara mengetahui (learn how to know), untuk membina pembelajar mandiri. Problemnya, banyak anak kecanduan gadget, sehingga berpotensi menghambat pembinaan pembelajar mandiri. Alternatif solusinya, metafora diposisikan sebagai ‘teman belajar’ anak dalam Pendidikan Dasar (SD/MI). Apalagi metafora sudah dipraktikkan sejak masa Rasulullah SAW dan masih efektif diterapkan dalam pendidikan kontemporer. Kontribusi tulisan ini adalah kontruksi makna metafora al-Qur’an (Amtsal al-Qur’an) dari perspektif dua unsur metafora: Fokus/Wahana dan Bingkai/Topik/Tenor. Ada tiga hasil riset. Pertama, ada empat kategori metafora al-Qur’an dari perspektif Fokus/Wahana: Manusia, Flora, Fauna dan Benda atau Tempat. Kedua, ada tiga kategori metafora al-Qur’an dari perspektif Bingkai/Topik/Tenor: Akidah, Fikih dan Akhlak. Ketiga, Tujuh kategori metafora al-Qur’an tersebut relevan untuk difungsikan sebagai teman belajar anak dalam rangka mencapai Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar, baik dimensi sikap, pengetahuan maupun keterampilan, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRLA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Articles to be received and published in the RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES are included in the scope of: Education Science. The Islamic Education Science. Educational Psychology. Learning Psychology. Educational Philosophy. Islamic Educational Philosophy. Lesson ...