Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif informal dengan formulate-share-listen-create (FSLC). Model FSLC memberikan peluang bagi siswa untuk aktif dalam membangun dan memahami materi pelajaran melalui proses berpikir secara individu dan bekerja bersama dalam kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan desain penelitian Randomized Control Group Posttest Only. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan uji t karena data terdistribusi normal dan kelompok data memiliki varian yang homogen. Hasil belajar dalam domain kognitif diperoleh, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,26 dan kelas kontrol adalah 65,98. Selanjutnya, dengan analisis uji t, thitung = 14,78 lebih besar dari ttabel = 2,405, dengan demikian hipotesis diterima. Dalam domain afektif aktivitas rata-rata siswa di kelas eksperimen adalah 51,71 sedangkan di kelas kontrol 53,85. Jadi penerapan model pembelajaran kooperatif informal dengan formulate-share-listen-creat (FSLC) lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional di kelas IX SMP Negeri 1 Batang Anai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019