Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains

INTERVENSI PENERAPAN TEKNIK TARI BAMBU PADA STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA

Oktavia, Desi (Unknown)
Helendra, Helendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2019

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran fisika sehingga menghasilkan hasil belajar yang rendah dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pemberian Pertanyaan dan Mendapatkan Jawaban dengan Tari Bambu Hasil Fisika Siswa. Strategi Memberikan Pertanyaan dan Mendapatkan Jawaban adalah strategi yang mampu mengoptimalkan peran siswa selama proses pembelajaran. Dalam ranah kognitif pengumpulan data menggunakan deskripsi masalah sebanyak 10 item, dalam ranah afektif menggunakan lembar observasi. Hasil pembelajaran dalam domain kognitif diperoleh, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,03 dan kelas kontrol adalah 70,62. Dalam domain afektif rata-rata aktivitas eksperimen kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu di kelas eksperimen 71 dan kelas kontrol 63. Selanjutnya, dengan analisis uji-t, tct = 3,63 lebih besar dari t- = 1,675 (pada real tingkat 0,05), dengan demikian hipotesis alternatif diterima. Jadi memberi pertanyaan dan mendapatkan jawaban dengan tarian bambu lebih baik pada hasil belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jfres

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JRFES is a media or forum to publish the research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the field of pure physics, it could also be about educational physics such as planning, ...