Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika
Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERCIRIKAN PENEMUAN TERBIMBING DAN BERBANTUAN APLIKASI PADA MATERI UNTUK KELAS X SMK

Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah (Unknown)
Cholis Sadijah (Unknown)
Makbul Muksar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bercirikan guided discovery dan berbantuan aplikasi grapher pada materi fungsi kuadrat untuk kelas X SMK yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan bahan ajar bercirikan guided discovery dipilih karena berdasarkan hasil obsevasi peneliti, kegiatan pembelajaran perlu didukung dengan adanya bahan ajar sehingga siswa dapat aktif dalam pembelajaran. Sedangkan penggunaan aplikasi grapher diharapkan dapat membantu siswa menemukan konsep karakteristik grafik fungsi kuadrat dan mengarahkan hasil kecanggihan teknologi pada pembelajaran. Langkah pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp (2010:15). Langkah pertama, preliminary reseach, dilakukan peneliti dengan melakukan pengamatan kelas hingga diperoleh simpulan perlu adanya bahan ajar becirikan guided discovery dan berbantuan aplikasi grapher pada pembelajaran materi fungsi kuadrat. Langkah kedua, prototyping phase, dilakukan dengan merancang, membuat kemudian memvalidasi LKS, RPP dan instrumen penelitian. Langkah ketiga, assessment phase, dilakukan dengan menguji coba kepraktisan dan keefektifan bahan ajar pada pembelajaran. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh bahan ajar berupa LKS bercirikan guided discovery dan berbantuan aplikasi grapher pada materi fungsi kuadrat untuk kelas X SMK yang valid, memiliki nilai kepraktisan tinggi dan tingkat keefektifan yang baik

Copyrights © 2017