Psikologi Konseling: Jurnal Kajian Psikologi dan Konseling
Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Psikologi Konseling

PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL SISWA KELAS X TKR A SMK N 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rohman Afandi (Universitas Kristen Satya Wacana)
Tritjahjo Danny Soesilo (Universitas Kristen Satya Wacana)
Yustinus Windrawanto (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan interpersonal dengan metode sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X TKR A SMK N 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Subjek penelitian siswa kelas X TKR A SMK N 2 Salatiga yang mempunyai kemampuan interpersonal kategori rendah yaitu berjumlah 5 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan berkolaborasi dengan guru bimbingan dan konseling sebagai observer. Metode sosiodrama dilakukan dalam 1 siklus 2 tindakan dalam 4 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen penelitian dengan skala kemampuan interpersonal, dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Dengan indikator keberhasilan, ≥ 80% dari subjek penelitian memiliki kemampuan interpersonal tinggi. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Kondisi awal dari hasil pre-test menunjukan 5 siswa mempunyai kemampuan interpersonal agak rendah, dengan skor rata-rata kemampuan interpersonal 144,2. (2) Siklus 1 diberikan tindakan sosiodrama yang meliputi 2 tindakan bermain drama dengan tema: Persahabatan dan Berorganisasi. Setelah diberikan tindakan sosiodrama, kemampuan interpersonal siswa mengalami peningkatan. Dari hasil pos-test yang menunjukan skor rata-rata kemampuan interpersonal sebesar 186,6, dan dikategorikan kemampuan interpersonal tinggi. Penelitian ini dinyatakan berhasil karena 80% dari subjek (4 siswa) sudah meningkat kekategori kemampuan interpersonal tinggi. Berdasarkan observasi, setelah diberikan layanan sosiodrama dari tindakan I dan II siswa menunjukan antusias tinggi dan perubahan sikap yang mangacu pada kemampuan interpersonal tinggi.Kata Kunci: Kemampuan Interpersonal; Bimbingan Kelompok; Metode Sosiodrama

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Konseling

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PSIKOLOGI KONSELING diterbitkan oleh Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan yang bertujuan untuk publikasi karya ilmiah, studi literatur, studi kasus, dan laporan hasil penelitian. Jurnal PSIKOLOGI KONSELING merupakan wadah bagi peneliti, ...