as-sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4 No 1 (2019): Juni 2019

PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN GERAK DAN LAGU DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN PURBALINGGA

Novi Mulyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2019

Abstract

Strategi bermain dalam mengembangkan kreativitas anak di TK Negeri Pembina Kabupaten Purbalingga diterapkan dengan cara menerapkan langkahlangkah pembelajaran dalam kegiatan bermain sensorimotor, kegiatan bermain dengan bahan main cair, dan kegiatan bermain dengan bahan main yang terstruktur. Sedangkan Strategi gerak dan lagu dalam mengembangkan kreativitas anak di TK Negeri Pembina Kabupaten Purbalingga diterapkan dengan cara menerapkan langkah-langkah pembelajaran yang memadukan antara lagu anakanak, tema pembelajaran, dan gerakan yang sesuai dengan lagu tersebut. Strategi bermain, gerak, dan lagu di melalui perencanaan yang matang, pelaksanaan yang maksimal, dan evaluasi yang berkelanjutan untuk perbaikan pembelajaran berikutnya. Implikasi penerapan strategi bermain, gerak, dan lagu mengembangkan kreativitas anak di TK Negeri Pembina Kabupaten Purbalingga yaitu berdampak positif dan merangsang dan meningkatkan potensi kreatifitas kecerdasan musikal (musical intelligences creativity). Pada anak-anak potensi kecerdasan ini dapat distimulus melalui menari, dan olah raga yang mempergunakan lagu dan instrumen musik. Anak yang kecerdasan musiknya tinggi mempunyai kepekaan mendengarkan nada dan ritme musik. Sedangkan strategi bermain berimplikasi pada kreatifitas anak secara motorik halus dan kepercayaan diri anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

assibyan

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

a?-?iby?n: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ISSN 2541-5549, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten berdasarkan Surat Keputusan Rektor IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten No. ...