Pergeseran paradigma proses pembelajaran konvensional ke media pembelajaran   berbasis ICT telah berkembang dengan pesat. Pada penelitian ini, dirancang sebuah aplikasi alat bantu ajar yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi akademik peserta didik pada sekolah kejuruan. Aplikasi soal dirancang menggunakan metode sampling random agar soal latihan dapat diacak. Hasil rancangan diuji dengan pengujian performansi dengan 20 responden guru dan pengujian implementasi dengan 24 responden siswa. Pengujian performansi memiliki akurasi dengan tingkat penilaian ”cukup” sebesar 7,5%, kategori ”baik” sebesar 62,50%  dan kategori  ”sangat baik” sebesar 30%. Pada pengujian implementasi ditemukan pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran berbasis ICT dibanding metode pembelajaran konvensional dimana terjadi peningkatan yang signifikan siswa dengan prestasi  ”kurang”  dari 12,5% menjadi 0%, prestasi ”cukup”  dari 50% menjadi 4,2%, demikian juga prestasi ”baik” meningkat  dari 29,2% menjadi 62,5% dan prestasi ”sangat baik" meningkat dari 8,3% menjadi 33,3. Nilai t hitung sebesar -9.173,  negatif mengindikasikan bahwa nilai siswa pada pembelajaran secara konvensional lebih rendah dibandingkan dengan pembelajaran secara ICT.Kata kunci:  Jaringan Komputer, Simulasi, ICT, Interaktif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014