Kepercayaan masyarakat masih diduga sebagai salah satu faktor kinerja bank syariah dianggap belum cukup baik dibandingkan dengan kinerja bank konvensional. Untuk itu aspek preferensi masyarakat pada produk-produk perbankan syariah menjadi sangat penting sebagai penilai kinerja perbankan. preferensi diartikan sebagai “pilihan atau kesukaan” atau “hal yang lebih menyukai”. Bagi berbagai pihak, preferensi merupakan suatu hal yang harus menjadi pusat perhatian, termasuk bagi manajemen bank syariah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif analisis. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah: (1) kuesioner; (2) wawancara; dan (3) dokumentasi. Adapun target populasi dalam penelitian ini adalah dosen atau staf pengajar dari beberapa perguruan tinggi Islam yang ada di kota Bandung. Hail penelitian menunjukkan bahwa umumnya preferensi masyarakat akademis perguruan tinggi Islam terhadap produk-produk perbankan syariah menunjukkan telah memiliki preferensi yang baik hal ini dilihat dari (1) pengetahuan responden terhadap produk perbankan syariah, (2) Pemilihan produk perbankan syariah reponden saat ini dan (3) pemilihan responden akan produk perbankan syariah pada masa yang akan datang. Hasil penelitian menunjuukan adanya konsitensi antara pengetahuan dan preferensinya pada produk perbankan syariah. Kata Kunci: Preferensi, Produk Perbankan Syariah dan Akademisi
Copyrights © 2017